Friday, June 1, 2007

Setting Beryl di Kubuntu Feisty

Alhamdulillah, hasil jerih payah pun terbayar sudah.

Awalnya temen gw (red. gue) ngasih tau bahwa ad desktop 3D di linux yang baru. Gw pu langsung tertarik. Akhirnya gw yang saat itu menggunakan Kubuntu langsung aj download Beryl menggunakan Adept.

Paket2 yang gue install saat itu beryl-kubuntu, emerald, emerald-themes.

Karena menggunakan ATI Radeon saya install juga paket fglrx, agar driver 3D support.

Alhasil setelah kesemua itu terinstall, gw jalanin deh di konsole dengan mengetik "beryl".

Eh malah error.

dhienz@dhienz-desktop:~$ beryl
**************************************************************
* Beryl system compatiblity check *
**************************************************************

Detected xserver : AIGLX

Checking Display :0.0 ...

Checking for XComposite extension : passed (v0.3)
Checking for XDamage extension : passed
Checking for RandR extension : passed
Checking for XSync extension : passed

Checking Screen 0 ...

Checking for GLX_SGIX_fbconfig : passed
Checking for GLX_EXT_texture_from_pixmap : passed
Checking for non power of two texture support : failed

Support for non power of two textures missing


Akhirnya searching di google, eh ketemu

Solusinya adalah menginstall paket beryl-manager. Paket ini tidak disertakan saat kita install paket beryl-kubuntu.

Setelah menginstall lalu gw tulis di konsole konfigurasi ini:

LD_PRELOAD=/usr/lib/fglrx/libGL.so.1.2.xlibmesa /usr/bin/beryl-manager

Alhasil Kubuntu gw jadi lebih bagus dari MacOS (Menurut gw sich).

Ini adalah hasil dari check beryl nya:

**************************************************************
* Beryl system compatiblity check *
**************************************************************

Detected xserver : AIGLX

Checking Display :0.0 ...

Checking for XComposite extension : passed (v0.3)
Checking for XDamage extension : passed
Checking for RandR extension : passed
Checking for XSync extension : passed

Checking Screen 0 ...

libGL warning: 3D driver claims to not support visual 0x4b
Checking for GLX_SGIX_fbconfig : passed
Checking for GLX_EXT_texture_from_pixmap : passed
Checking for non power of two texture support : passed
Checking maximum texture size : passed (2048x2048)


Jgn lupa, supaya biar lebih ciamik tampilannya gunakan kbfx.

Ini adalah capture dari desktop gw:

[Gambar 1] Capture saat window digoyang2kan.



[Gambar 2]. Capture saat window diminimize.



[Gambar 3]. Capture saat muncul efek popup di taskbar.



[Gambar 4]. Capture saat ganti window dengan Alt+Tab.

Kesimpulan dari tampilan beryl ini adalah: Kawaiiiiiiiiiiiiiiii (Cute)

No comments: